Telkom mengadakan Researcher & Expert Meet-up

Post date: 07 Nov 2017




Bandung, 2 Mei 2017 – Telkom DDS (Divisi Digital Service) mengadakan kegiatan Researcher & Expert Meet-up yang mengundang perwakilan beberapa Akademisi, Praktisi, Pemerintah, dan Lembaga Riset (Komunitas) dalam rangka mendorong komersialisasi hasil riset yang telah dilakukan oleh berbagai pihak terkait, dengan bentuk suatu forum sebagai wadah/fasilitas untuk para researcher dan expert dalam melakukan diskusi atau kolaborasi suatu obyek penelitian. Kegiatan yang diadakan di Bandung pada Selasa (2/5), berisi sambutan yang dibacakan oleh Arief Mustain sebagai Executive General Manager (EGM) Telkom DDS, serta Presentasi dan diskusi mengenai Dunia Riset di Indonesia yang dibawakan oleh Dr. Eng. Khoirul Anwar, S.T., M.Eng. selaku Director of Adwitech Telkom University dan Dr. Yan Riyanto, M.Eng. sebagai Kepala Pusat Penelitian Informatika LIPI.

Dalam sambutannya, Arief Mustain menyatakan objektif dari kegiatan ini yaitu Telkom sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang Telco & Digital Business ingin berperan dalam ekosistem riset yang terdiri dari Academic, Business, Government & Community/Practical (ABGC). Dalam mewujudkan objektif dari kegiatan ini, perusahaan mengacu kepada Telkom Positioning yang berupa lima pilar peranan.”, tambah Arief. Lima pilar Telkom Positioning tersebut adalah: (1) Perusahaan yang dapat membuat peluang bisnis bersama, (2) Perusahaan yang akan mempermudah mendapatkan dana riset dari lembaga lain, (3) Channel bagi hasil riset yang dapat dikomersialisasikan, (4) Penyedia proyek untuk melakukan riset, dan (5) Tempat untuk melakukan riset.

Salah satu pembicara, Dr. Eng. Khoirul Anwar, S.T., M.Eng. dari Telkom University, mengemukakan topik dalam menghidupkan bersama riset berkualitas di Indonesia, dengan mengusung motivasi sebagai ciri-ciri riset berkualitas, agar dapat menghasilkan standar riset yang memiliki pengaruh kuat. Kemudian pembicara selanjutnya, Dr. Yan Rianto, M. Eng dari LIPI membawakan topik mengenai “Tren Riset & Urgensi Pembentukan Komunitas Riset” yang mengacu pada model inovasi dan model ekonomi baru dalam dunia digital sebagai landasan teori serta paparan beberapa komunitas riset di Indonesia beserta peraturan yang terkait.

Saat ini, wadah untuk mengumpulkan pelaku riset di Indonesia memang sudah cukup banyak, namun upaya untuk melakukan kolaborasi dalam mendukung komersialisasi hasil riset bagi para pelakunya dinilai masih minim, sehingga perlu diadakan sebuah kegiatan yang mendukung tujuan dari upaya tersebut. Ke depannya, diharapkan kegiatan ini dapat menjadi awal dalam memacu perkembangan riset yang berkualitas untuk mendukung tren riset serta pembentukan komunitasnya di Indonesia. Selain itu, untuk mendukung pertumbuhan jumlah riset berkualitas yang ingin dicapai, maka kegiatan seperti Researcher & Expert Meet-up ini sangat penting untuk dilaksanakan sebagai kegiatan rutin dalam tahap selanjutnya.



Translation is not available

Comments 0

Please login before able to leave some comment. Refresh this page if you already logedin