Telkom Dukung Komersialisasi Hasil Riset di Indonesia

Post date: 31 Jul 2017




REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk mendukung para peneliti di Indonesia mulai dari pengembangan ide, komersialisasi hingga membuka peluang bisnis, untuk mengembangkan nilai tambah dari hasil penelitian. "Pemanfaatan dan komersialisasi hasil riset merupakan wujud nyata dukungan Telkom bagi dunia penelitian di Tanah Air," kata Executive General Manager (EGM) Divisi Digital Service (DDS) Telkom Arief Musta'in, Kamis (11/5).

Menurut Arief, salah satu bentuk dukungan Telkom adalah dengan menggelar "Researcher & Expert Meet Up, sebagai wadah bagi para peneliti dan ahli untuk melakukan diskusi dan kolaborasi suatu objek penelitian. Researcher & Expert Meet Up yang digelar pekan lalu tersebut, diikuti oleh para akademisi, praktisi, pemerintah dan lembaga riset (komunitas).

Arief menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan atas keinginan Telkom sebagai perusahaan yang tengah fokus bertransformasi sebagai perusahaan telekomunikasi digital serta mendukung ekosistem riset yang terdiri atas Academic, Business, Government & Community/Practical (ABGC). Dalam mewujudkan objektif kegiatan ini, perusahaan mengacu kepada Telkom Positioning yang terdiri dari lima pilar. Limat pilar tersebut, yaitu pertama, perusahaan yang dapat membuat peluang bisnis bersama, kedua perusahaan yang akan mempermudah mendapatkan dana riset dari lembaga lain.

Selanjutnya, Telkom sebagai kanal bagi hasil riset yang dapat dikomersialisasikan, keempat sebagai penyedia proyek untuk melakukan riset, serta kelima sebagai empat untuk melakukan riset.



Translation is not available

Comments 0

Please login before able to leave some comment. Refresh this page if you already logedin