Aplikasi Software Gojek dari Indonesia ternyata Buatan India

Post date: 07 Dec 2017




Viva.co.id - Duta Besar India untuk ASEAN, Suresh Reddy, sempat mengatakan kalau perusahaan layanan transportasi online asal Indonesia, Gojek, memakai software buatan India. Pernyataan ini ia ungkap saat membuka perhelatan India - ASEAN ICT Expo 2017.

Meski sempat menyebut jika software yang dipakai aplikasi online itu buatan India, namun dia enggan memberitahukan secara detail nama software dan pengembang yang telah berjasa itu.

"Anda tahu tidak kalau Gojek pakai software buatan kami (India)? Ini karena harga maupun kualitas software kami kompetitif, " kata Reddy di Jakarta, Rabu, 5 Desember 2017.

Usai berpidato, VIVA kembali meminta keterangan dari Reddy terkait pernyataannya. Namun sayang, dia memilih bungkam dan berlalu.

Seperti diketahui, perusahaan teknologi milik Nadiem Makarim itu memang telah membuka kantor perwakilannya di Bangalore, India, pada 2016. Alasan dibukanya kantor cabang di negeri Bollywood itu lantaran erat kaitannya dengan pengembangan layanan. Selain itu, seluruh programmer Gojek merupakan orang India.

CEO Gojek Nadiem Makarim menyebut tujuan Go-Jek membuka kantor di India adalah juga untuk mencari bibit-bibit baru developer. Sebab, kantor tersebut dijadikan pusat pelatihan untuk ratusan engineer Go-Jek baik dari India sendiri, maupun Indonesia.

Adapun di India, Go-Jek teregistrasi sebagai GoProducts Engineering India LLC. Sedangkan di Indonesia, Go-jek kerap mendengungkan sebagai karya anak bangsa, bahkan nama perusahaannya adalah PT Aplikasi Karya Anak Bangsa. (ase)



Translation is not available

Comments 0

Please login before able to leave some comment. Refresh this page if you already logedin