Profile

Indonesia Digital Research Community

IDRC dibentuk dalam rangka mendorong komersialisasi hasil riset yang telah dilakukan oleh berbagai pihak terkait, dengan bentuk suatu forum sebagai wadah/fasilitas untuk para researcher dan expert dalam melakukan diskusi atau kolaborasi suatu obyek penelitian.

Objektif dari IDRC yaitu Telkom sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang Telco & Digital Business ingin berperan dalam ekosistem riset yang terdiri dari Academic, Business, Government & Community/Practical (ABGC).

 

Lima pilar Telkom Positioning yang terkait dengan profil IDRC adalah:

(1) Perusahaan yang dapat membuat peluang bisnis bersama,

(2) Perusahaan yang akan mempermudah mendapatkan dana riset dari lembaga lain,

(3) Channel bagi hasil riset yang dapat dikomersialisasikan,

(4) Penyedia proyek untuk melakukan riset, dan

(5) Tempat untuk melakukan riset.

 

Penjelasan arti dan makna logo IDRC adalah:

1. Lambang berbentuk bunga yang baru mekar bermakna anggota komunitas mempunyai semangat tinggi untuk selalu tumbuh dan berkembang untuk memberikan ide dan hasil yang terbaik.

2. Bunga yang mempunyai warna biru, kuning, dan merah bermakna:

a. Warna biru berarti Keahlian dan Pengalaman yang tinggi dari anggota komunitas untuk mencurahkan kemampuan yang dimiliki untuk menghasilkan karya terbaik.

b. Warna kuning berarti mencerminkan suatu yang Atraktif, Hangat, dan Dinamis untuk menghasilkan hasil terbaik dengan mengikuti perkembangan teknologi terkini.

c. Warna merah berarti Berani, Cinta, Energi dan Ulet, yang mencerminkan spirit anggota komunitas untuk selalu optimis dalam menghadapi tantangan dan kesempatan.

 

Tulisan “INDONESIA DIGITAL RESEARCH COMMUNITY” menggunakan huruf kapital yang melambangkan sebuah komunitas yang jelas dan tangguh dengan warna biru dan hitam yang bermakna:

a. Warna biru berarti Keahlian dan Pengalaman serta Kecerdasan dan rasa Percaya Diri yang mencerminkan Profesional dan Komunikatif dalam menjalin kerjasama dengan stakeholder.

b. Warna hitam berarti mengandung makna kemauan yang keras dari anggota komunitas untuk menghasilkan karya-karya terbaik untuk kemajuan bangsa Indonesia.